Banner_Quickbet
maxbet2
Just another WordPress site

Ini Sosok Di Balik Kebocoran Pengguna Facebook

Jakarta – Kebocoran beberapa puluh juta data pemakai Facebook, dapat disebut bermula dari Aleksandr Kogan. Ya, Kogan yaitu seseorang akademisi yang dikira bikin ” kuis ” untuk memahami kepribadian pemakai Facebook. Pada akhirnya, ia mulai bicara tentang merebaknya skandal besar ini.

Dalam wawancaranya dengan Anderson Cooper, Kogan mengakui tidak tahu hasil penelitiannya juga akan digunakan untuk keperluan politik, terlebih digunakan oleh kubu Donald Trump.

Hasil data yang ” di ambil ” Kogan dari Facebook datang dari pemakai yang ambil kuis bikinannya, lalu dikira digunakan pada kampanye politik.

Pria yang aktif jadi dosen di Fakultas Psikologi Kampus Cambridge itu menerangkan, pihak Cambridge Analytica mengajaknya untuk lakukan pekerjaan konsultasi. Jadi catatan, Cambridge Analytica tidak ada hubungannya dengan Kampus Cambridge.

” Mereka awalannya mengajakku untuk lakukan kerja konsultasi, ” ucapnya pada Anderson Cooper,

Ia meneruskan kalau project itu diselenggarakan untuk menyatukan data, bukanlah untuk keperluan keuntungan.

” Saya seseorang akademisi, saya tidak mengerti apa-apa berkenaan membangun perusahaan, ” kata Kogan.

Saat Anderson ajukan pertanyaan apakah Kogan tahu kalau data yang ia kumpulkan juga akan digunakan untuk keperluan politik, ia mengakui tidak memahaminya secara detail.

” Saya ketahui itu untuk konsultasi politik, tapi diluar itu saya tidak mengerti, ” ucapnya.

Saat selalu ditekan oleh Anderson tentang apakah ia sadar penelitiannya digunakan untuk membidik pemilih, Kogan kelihatan tidaklah terlalu percaya.

” Saya tidak mengerti. Seingatku tidak, walaupun mereka memakainya untuk tujuan politik, tapi banyak bermakna ganda dalam hal tersebut, ” terang Kogan.

Kogan ikut mengungkap apabila data yang ia dapatkan dari Facebook tidaklah terlalu akurat untuk menilainya seseorang individu, tetapi cuma untuk group saja.