Just another WordPress site

ISIS Bikin Jengah Menteri Agama Indonesia | Religi

ISIS Bikin Jengah Menteri Agama Indonesia – Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim nampaknya cukup jengah dengan makin agresifnya gerakan Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS), termasuk juga di Indonesia. Lukman Hakim menilainya, potensi ISIS dalam meneror keutuhan berbangsa serta bernegara di Indonesia cukup besar.

“Saya pikir ancaman ISIS dalam konteks Indonesia itu cukup besar, bahkan juga masalah yang serius menurut saya, lantaran memahami yang dibawa oleh ISIS ini tidak cuma bertentangan dengan memahami sebagian besar umat Islam di Indonesia, namun dapat menganggu bahkan juga mengakibatkan kerusakan sendi-sendi kehidupan kita berbangsa serta bernegara, ” tandas Lukman Hakim pada BBC Indonesia.

Lukman Hakim meneruskan, walau Indonesia yaitu negara yang sebagian besar penduduknya muslim, tetapi idealisme yang dibawa ISIS tidak sesuai sama apa yang dipercaya oleh umat Islam di Indonesia yang hidup diantara kemajukan.

“Mereka (ISIS) mempunyai memahami yang sangatlah khas yang sangatlah bertentangan dengan memahami sebagian besar umat Islam di Indonesia yang ahlul sunnah wal jamaah, Islam yang rahmatan lil alamin, Islam yang sangatlah toleransi, Islam yang penuh kedamaian serta Islam yang sekalipun menampik kekerasan, ” tutur Lukman Hakim

“Sementara kehidupan berbangsa Indonesia dengan berdasar pada Pancasila, dimana Indonesia yaitu orang-orang yang majemuk, yang plural bukan sekedar etnis namun juga bahasa serta agama itu bakal terganggu dengan itu, ” lebih Menteri Agama.

Pemerintah, lanjut Lukman Hakim, sudah berusaha memberi edukasi pada orang-orang tentang masalah ISIS ini lewat pendekatan lunak pada pihak-pihak berkenaan. “Pendekatan softpower, jadi intinya lewat tokoh-tokoh agama, pemuka agama, melaui ormas keagamaan, kita mau menebarkan pemahaman apa yang dibawa oleh ISIS ini bertolak belakang dengan pemahaman keagamaan kita. ”

Social tagging: > >

Leave a Reply